Latest Posts

Hanya 2 Minggu, Naskah Kamu Sudah Terbit di Penerbit Hanami

By 8/03/2017 12:22:00 AM






Bingung karena butuh jasa penerbitan untuk membukukan naskah dalam waktu cepat? Penerbit Hanami bisa menjadi alternatif menerbitkan naskah dalam waktu 2 minggu.

Kalau 1 minggu bisa, min? Soalnya mau saya adakan launching buku tanggal sekian.

Pertanyaan-pertanyaan senada sering mampir di kontak Penerbit Hanami. Permintaan lama pengerjaan pun bermacam-macam bak tawar menawar antara pembeli dan penjual yang sedang menentukan harga terbaik. Mulai dari 1 minggu, 5 hari, bahkan 3 hari (?). Alasan menginginkan waktu terbit yang cepat juga beragam. Begini writers, standar waktu terbit sejak naskah dikirim hingga buka pre order buku di Penerbit Hanami adalah 4 minggu. Bisa 2 minggu jika tidak ada antrean, bisa 6 minggu jika ada antrean. Kesimpulannya, lama pengerjaan proses penerbitan adalah 2-6 minggu. No tawar menawar. Karena ini bukan area pasar.

Tapi, min, saya memang butuh cepat.

Jika butuh jasa penerbitan kilat, 3 hari langsung terbit misalnya, Penerbit Hanami tidak bisa membantu. Karena Penerbit Hanami selalu mengutamakan kualitas terbit. Apa jadinya jika proses penerbitan (editing, layout, cover) dikerjakan dalam waktu 3 hari padahal ketiga proses tersebut butuh tenaga dan waktu yang ekstra demi menghasilkan hasil yang bagus. Belum lagi pengajuan ISBN yang membutuhkan waktu paling cepat 5 hari kerja. Tapi tenang, bagi penulis yang request terbit cepat, Penerbit Hanami bisa menjanjikan waktu terbit selama 2 minggu.

Bener ya min, 2 minggu sudah pasti terbit?

Betul sekali, dengan syarat: 


1. Penulis memenuhi aturan mengirim naskah yang diterapkan oleh Penerbit Hanami.
 

Silakan baca aturan kirim naskah di sini. Mohon dibaca hingga tuntas. Mengapa penulis wajib memenuhi aturan kirim naskah? Karena seringkali penulis yang hanya mengirim naskah utama justru mempelambat kinerja redaksi. Redaksi harus menghubungi penulis lagi untuk melengkapi naskah dengan kata pengantar, daftar isi, blurb, sistem pembuatan cover (by request atau tanpa request), dan sebagainya. Percayalah writers, hal tersebut hanya akan mengulur waktu terbit. Jika sudah seperti itu, sudah jelas, terbit dalam waktu 2 minggu hanyalah wacana.



2. Penulis mengirim naskah lengkap dan bukti transfer biaya penerbitan 

Pelunasan biaya penerbitan dalam kamus Penerbit Hanami memiliki definisi yang sama dengan pengambilan kartu antrean naskah di meja redaksi. Sebab Penerbit Hanami mendahulukan pengerjaan naskah yang penulisnya sudah melunasi biaya penerbitan. Jika sudah melunasi biaya penerbitan, silakan mengirim foto bukti transfer dan naskah lengkap ke email redaksi.
Ada dua hal yang sudah pasti mengulur waktu terbit:
Pertama, sudah kirim bukti transfer namun naskah lengkap belakangan. Contoh, kirim foto bukti transfer hari ini namun naskah lengkap baru dikirim 3 hari kemudian.
Kedua, sudah kirim naskah lengkap namun belum melakukan pembayaran biaya penerbitan. Contoh, kirim naskah lengkap hari ini namun pembayaran baru dilakukan satu minggu kemudian.
Jadi kesimpulannya, silakan mengirim naskah lengkap dan foto bukti transfer ke email redaksi secara bersamaan dalam satu email. Maka dalam waktu 2 minggu, dijamin naskah sudah siap terbit.



3. Penulis melakukan self-editing sebelum mengirim naskah 


Proses editing termasuk salah satu proses yang membutuhkan waktu lama karena editor harus benar-benar teliti memperbaiki naskah hingga layak diterbitkan. Sebagian penulis mungkin merasa tidak perlu melakukan self editing, toh akan ada editor yang nantinya akan ‘mempercantik’ naskah. Namun ketahuilah, tugas editor tidak hanya memperbaiki typo dan tanda baca. Kalimat yang muter, fakta yang tidak relevan, adegan yang tidak logis, itu juga menjadi tanggung jawab editor. Setidaknya dengan penulis melakukan self-editing, editor menjadi lebih terbantu untuk membuat naskah penulis benar-benar layak diterbitkan. Dan harapan terbit dalam waktu 2 minggu pun bisa terwujud.

Kepuasan penulis terhadap penerbit memang menjadi tanggung jawab penerbit, namun alangkah lebih baik jika penulis turut membantu dengan cara memenuhi sistem dan aturan penerbit, bukan justru melakukan hal-hal semau penulis. Kurang lebih seperti itu penjelasan waktu terbit 2 minggu di Penerbit Hanami. Semoga bermanfaat.




You Might Also Like

0 komentar