Latest Posts

Sering Tidak Lolos dalam Lomba Menulis? 4 Hal ini Mungkin Penyebabnya

By 8/09/2017 01:11:00 AM




Kenyataan pahit bahwa naskah yang kita tulis hingga berdarah-darah ternyata tidak lolos dalam perlombaan menulis online seringkali membuat kita tidak semangat lagi untuk menulis. Tapi jika kita merenung sejenak perihal penyebab-penyebab naskah tidak lolos, tidak menutup kemungkinan ada peluang naskah lolos di kesempatan berikutnya. Berikut ini 4 hal yang mungkin menjadi penyebab naskah tidak lolos dalam ajang lomba menulis online. 

Berikut ini 4 hal yang mungkin menjadi penyebab naskah tidak lolos dalam ajang lomba menulis online.

1. Naskah tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang tertera jelas pada info lomba
Syarat dan ketentuan lomba menulis online dibuat untuk dipenuhi calon peserta, bukan untuk  ditawar apalagi diabaikan. Berhentilah melakukan penawaran kepada penyelenggara. Contohnya, meminta keringanan mengirim naskah lewat inbox facebook dikarenakan tidak mempunyai email padahal sudah tertera jelas pada info lomba yang mensyaratkan naskah dikirim lewat email. Yang tidak kalah penting, tinggalkan kebiasaan mengabaikan syarat dan ketentuan karena beberapa penyelenggara mungkin tidak mau menerima peserta yang mengabaikan syarat dan ketentuan. Bukankah sangat disayangkan jika naskah kita tidak diapresiasi oleh penyelanggara hanya karena hal kecil seperti itu?

2. Tema lomba menulis dimasukkan sebagai tempelan semata, bukan topik utama
Tema menjadi poin utama penilaian lomba menulis online terutama lomba yang diselenggarakan oleh penerbit indie. Tidak jarang peserta memasukkan naskah yang ia tulis di masa lampau (untuk menyalurkan hobi menulis) sebelum lomba diadakan, kemudian menambahkan atau mengurangi beberapa bagian agar sesuai dengan tema lomba. Itulah kesalahan fatal peserta yang menyebabkan naskah tidak bisa lolos seleksi.

3. Tidak memasukkan unsur intrinsik sesuai kategori naskah yang sedang dilombakan
Jika kategori naskah yang dilombakan berupa cerpen, maka masukkan semua unsur intrinsik cerpen. Tokoh dan penokohannya jelas, ada alur cerita yang bisa memicu rasa penasaran pembaca, deskripsikan setting cerita, memilih sudut pandang yang sesuai dengan isi cerita, dan sebagainya. Demikian pula jika kategori naskah yang dilombakan berupa puisi atau novel, unsur intrinsik puisi dan novel harus dimasukkan semua. Tidak ada salahnya mempelajari perihal unsur intrinsik atau ciri-ciri pokok sebuah naskah sesuai kategorinya demi meloloskan naskah tercinta.

4. Naskah tidak memikat juri
Juri adalah pembaca yang paling kritis. Ia tidak hanya membaca namun juga menemukan poin-poin penting sebagai pertimbangan lolos tidaknya naskah peserta. Sebagian besar peserta memang tidak bisa menebak selera dan kriteria penilaian juri. Di samping tema dan unsur intrinsik sebagai pertimbangan, sebenarnya juri juga berusaha menemukan keunikan dalam naskah peserta. Keunikan itulah yang biasanya berhasil memikat juri dan kemudian membawa pada keputusan naskah peserta lolos seleksi atau tidak.  

Itulah uraian singkat tentang penyebab umum naskah tidak lolos dalam lomba menulis. Semoga bisa menjadi penyemangat agar tidak berhenti mencoba hanya karena sebuah kegagalan. Karena semakin sering kita belajar dari kegagalan, semakin banyak pula peluang untuk meraih kesuksesan.

You Might Also Like

0 komentar