Latest Posts

3 Cara Mempublikasikan Naskah Novel

By 9/16/2017 02:11:00 AM



Banyak penulis yang sudah merampungkan naskah novel namun ternyata belum memiliki niat untuk mempublikasikannya karena beragam alasan. Di mata mereka, kualitas naskah yang ditulis masih apa adanya dan sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan novel-novel penulis ternama Indonesia, sehingga muncul rasa tidak percaya diri untuk mempublikasikannya. Kurangnya referensi perihal bagaimana  cara untuk mempublikasikan naskah novel  agar bisa dinikmati pembaca di luar sana juga menjadi salah satu alasannya. Sangat disayangkan bukan jika naskah novel yang sudah ditulis hingga menyita waktu dan tenaga itu hanya berakhir menjamur di laptop? Nah jika kamu termasuk penulis yang masih bingung  mau dibawa ke mana naskah novel keren kamu itu, yuk simak cara berikut!

1. Mempublikasikan Naskah Novel Melalui Wattpad
Wattpad termasuk salah satu komunitas sosial di mana semua orang bisa membagikan tulisan secara luas yang diawali dengan pembuatan akun Wattpad tentunya.  Platform oranye satu ini memang kini sudah menempati ruang besar bagi penulis-penulis novel yang ingin novel mereka dinikmati pembaca. Peluang penyebarannya pun sangat luas karena zaman sekarang, hampir semua orang memiliki smartphone. Jadi, orang-orang bisa membaca cerita fiksi dengan cara praktis yaitu hanya dengan mengunduh dan membuka aplikasi Wattpad melalui smartphone. 

2. Mengirim Naskah Novel ke Penerbit Mayor
Mengirim naskah novel ke penerbit berskala besar (mayor) dapat menjadi alternatif mempublikasikan novel jika kamu tidak puas dengan Wattpad. Penerbit mayor memiliki keunggulan  memberikan royalti kepada penulis, keunggulan ini cukup menggiurkan jika dibandingkan hanya dengan memposting naskah novel di Wattpad. Terlebih jika nantinya naskah novel kamu lolos seleksi dan diterbitkan, novel kamu akan ter-display di rak toko buku seluruh Indonesia seperti penulis-penulis ternama lainnya. Wah asyik!

3. Mengirim Naskah Novel ke Penerbit Indie
Nah, jika tidak cukup mental untuk menerima penolakan atau tidak ingin menunggu proses seleksi yang biasa memakan waktu lama dari suatu penerbit mayor, alternatif terakhir adalah mengirim naskah novel kamu ke penerbit indie. Kenapa harus penerbit indie? Karena penerbit indie tidak menerapkan aturan seleksi, jadi naskah novel kamu bisa langsung diterima lalu diterbitkan. Hal dasar yang membedakan antara penerbit indie dengan penerbit mayor adalah tentang modal materi yang dikeluarkan penulis. Jika penerbit mayor tidak membebankan biaya penerbitan sepeser pun kepada penulis, maka sebaliknya, penerbit indie membebankan biaya penerbitan kepada penulis untuk membayar jasa editing, layouting, dan pembuatan desain sampul. Tidak hanya itu, biaya cetak agar buku bisa ter-display di toko buku pun ditanggung oleh penulis.

Untuk itu, Penerbit Hanami sebagai penerbit indie bukan hanya membantu kamu berhasil menerbitkan naskah saja, melainkan juga akan membantu kamu dalam hal penjualan karena buku akan dipromosikan secara online di seluruh media sosial Penerbit Hanami (Instagram, Facebook, Twitter). Terlebih Penerbit Hanami selalu berusaha mengutamakan kualitas terbit, hingga telah terdaftar secara resmi di web Perpusnas dengan nama CV. Harasi untuk menjamin kelegalan dan profesionalitas.
Untuk info selengkapnya silakan langsung hubungi Penerbit Hanami di kontak WhatsApp/LINE 08989051690 dan BBM D8351E49, fast respon di jam kerja. Asyik dan praktis bukan?

You Might Also Like

0 komentar