Latest Posts

Kirim Naskah







Pastikan kamu sudah paham info-info umum tentang Penerbit Hanami sebelum memutuskan untuk mengirim naskah. Jika belum paham, silakan cek infonya pada menu navigasi Tentang Hanami atau klik di sini.

Kirim naskah lengkap kamu beserta foto bukti transfer biaya ke email penerbit.hanami@gmail.com dengan subjek email Judul Buku - Nama Penulis - Paket Penerbitan Berbayar/Gratis (pilih salah satu). Untuk mengetahui biaya paket penerbitan silakan cek infonya pada menu navigasi Paket Penerbitan atau klik di sini.


Berikut ini poin-poin yang harus dipersiapkan dalam naskah lengkap (dijadikan satu file microsoft word): 


 Poin 1


Judul Buku

Judul buku harus sudah fix, sehingga judul buku yang tercantum dalam surat kontrak kerjasama sesuai dengan yang ada di buku tercetak.

Nama Penulis

Nama penulis harus sudah fix, boleh nama pena atau nama asli. Usahakan satu  penulis (perwakilan jika karya antologi) mengirim dalam satu email ya. Artinya, jika suatu saat ingin menghubungi atau mengirim pesan ke email Penerbit Hanami, maka mohon dikirim pada email dengan subjek yang sama dengan subjek email pengiriman naskah. Bukan mengirim email dengan subjek email baru.

Blurb

Blurb adalah uraian singkat tentang isi buku yang bertujuan untuk perkenalan dan promosi. Blurb akan ditampilkan pada sampul belakang buku dan social media Penerbit Hanami. Bisa berupa sinopsis, cuplikan naskah, atau endorsement, yang menurut kamu dapat membuat orang penasaran dengan isi buku kamu.


Contoh Poin 1



Poin 2

Request layout (dikosongi jika tidak ada request) 

Harap beri keterangan request layout secara lengkap

Request cover (dikosongi jika tidak ada request)

Harap deskripsikan gambar utama dan warna background selengkap-lengkapnya. Semakin lengkap deskripsi, semakin memudahkan pendesain untuk mengerjakan cover. Jika ada bagian yang tidak dideskripsikan secara lengkap, maka penulis dianggap memberi kebebasan kepada pendesain dengan catatan penulis harus menerima hasil cover dari pendesain. Penulis wajib menyertakan contoh gambar, gambar yang dibuat manual atau gambar yang diambil dari internet.

   
Poin 3
 
Naskah Utama (maksimal 150 halaman)
Naskah utama berupa kata pengantar/ucapan terima kasih, daftar isi mentah tanpa ada nomor halaman, isi naskah, biodata penulis, dan sinopsis utuh 2-3 halaman (khusus naskah novel). Diketik menggunakan kertas ukuran A4, jenis huruf Times New Roman, 12 pt, spasi 1.5, margin normal. Jumlah halaman naskah utama akan bertambah + dua kali lipat setelah melalui proses layoting. Jumlah halaman itulah yang akan dijadikan perhitungan biaya produksi cetak khusus penulis. Contoh: naskah utama berjumlah 100 halaman A4, setelah melalui proses layout menjadi + 200 halaman layout.


Contoh Poin 3