Latest Posts

Tentang Penerbit Hanami



Halo, Sahabat Hanami.

Bagi yang belum tahu apa itu Penerbit Hanami, berikut ini selayang pandang mengenai Penerbit Hanami. Hanami adalah festival menyambut mekarnya bunga sakura sebagai lambang kebahagiaan telah tibanya musim semi. 

Penerbit Hanami didirikan sebagai wadah para penulis agar karya mereka terus mekar dan tentu saja akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap penulis di tanah air. Pohon sakura mekar di Jepang dari akhir Maret hingga awal April. Berangkat dari hal tersebut, pada tanggal 25 Maret 2015 Penerbit Hanami yang beralamat di Kendal, Jawa Tengah, resmi didirikan untuk mewadahi para penulis agar karya mereka diabadikan dan diterbitkan dalam bentuk buku kemudian dipasarkan secara indie.

Tim Hanami akan membantu para penulis tanah air mewujudkan mimpi mereka untuk mengabadikan karya dalam bentuk buku. Dengan nama CV. Harasi yang terdaftar resmi oleh Perpusnas, kami menerima semua jenis naskah untuk diterbitkan secara indie untuk memajukan literasi tanah air, membagikan inspirasi kepada pembaca, dan memberi apresiasi kepada penulis.

Berikut ini uraian tanya jawab, memuat pertanyaan-pertanyaan penting dan lengkap yang sering penulis ajukan ke kontak Hanami. Mohon dibaca dengan cermat sebelum mengirimkan naskah ke email kami.

A. Penerbit Hanami termasuk jenis penerbit indie atau penerbit mayor?
Penerbit Hanami adalah penerbit indie. Artinya kami mencetak semua buku sesuai pesanan atau cetak berkala yang dikenal dengan POD (Print On Demand) yang umumnya dipromosikan melalui media sosial dan website secara online, tidak dijual di toko buku nasional. Penerbit Hanami merupakan alternatif bagi para penulis untuk membukukan tulisannya tanpa ada penolakan dari tim redaksi dengan kualitas terbit yang bagus serta biaya penerbitan yang terjangkau.

B. Karena Penerbit Hanami adalah penerbit indie, berarti Penerbit Hanami menerima dan akan menerbitkan semua naskah yang masuk?
Yap, betul sekali. Semua jenis naskah bisa kami terbitkan dengan catatan naskah tidak menyinggung SARA, tidak memuat unsur pornografi, orisinil atau asli karya penulis, bukan saduran apalagi plagiasi, dan tidak sedang dalam proses seleksi penerbit lain/mayor. Kategori naskah bebas, di antaranya novel (genre dan tema bebas), kumpulan cerpen, kumpulan puisi, buku-buku nonfiksi, how to, motivasi, biografi, ensiklopedi, dan lain-lain.

C. Siapa saja yang boleh mengirim naskah?
Siapa pun boleh mengirim naskah ke meja redaksi kami. Tidak pandang umur. Penulis pemula, penulis senior, semua boleh mengirimkan naskahnya kok. Juga tidak harus penulis yang bertempat tinggal di sekitar Kendal saja, karena Hanami sudah membantu menerbitkan buku dari penulis di seluruh Indonesia.

D. Di mana sajakah buku-buku Penerbit Hanami dijual dan dipromosikan?

Buku-buku terbitan kami dijual dan dipromosikan secara online melalui fanspage Penerbit Hanami, twitter @PenerbitHanami, instagram @penerbit.hanami, Line @penerbithanami, dan blog www.penerbithanami.com.

E. Berapa biaya yang harus saya siapkan untuk menerbitkan buku di Penerbit Hanami? 

Biaya penerbitan untuk paket lengkap di Penerbit Hanami adalah Rp. 400.000, fasilitas yang didapat meliputi ISBN, editing, layout, cover, dan 2 eksemplar bukti terbit (gratis ongkir khusus wilayah Jawa).  Untuk mengetahui biaya paket penerbitan lainnya silakan cek infonya pada menu navigasi Paket Penerbitan atau klik di sini.
 
F. Apakah saya bisa mengerjakan editing, layout, dan cover sendiri sehingga biayanya bisa lebih murah?
Mohon maaf tidak bisa. Pengalaman penulis sebelumnya yang mengerjakan editing, layout, dan cover sendiri tidak bisa memenuhi standar terbit kami karena Penerbit Hanami selalu mengutamakan kualitas terbit. Jadi alangkah lebih baik jika semua proses pra terbit dikerjakan oleh tim kami secara maksimal, bukan dikerjakan seadanya atau bahkan asal-asalan oleh penulis.


G. Berapa royalti yang saya peroleh jika menerbitkan buku di Penerbit Hanami?
Penulis mendapat royalti sebesar 25% per buku jika terjual melalui Penerbit Hanami. Royalti akan ditransfer kepada penulis pada tanggal 1 setiap 3 bulan.


H. Apakah saya sebagai penulis boleh ikut mempromosikan bukunya?
Sangat diperbolehkan. Partisipasi penulis dalam mempromosikan bukunya akan menentukan kuatitas buku yang terjual.


I. Bagaimana cara mempromosikan buku saya karena ini pengalaman pertama saya menerbitkan buku?
Nah, meskipun Hanami mempromosikan buku secara online, penulis juga wajib aktif mempromosikan buku sendiri demi hasil penjualan yang optimal. Segera aktifkan seluruh media sosial yang dipunya kemudian buat agenda pre-order selama 14 hari (poster pre-order akan dibuatkan oleh tim kami). Ada dua jenis pre-order yang bisa diagendakan penulis, yaitu:

1. Pre-order print on demand
Artinya penulis belum punya stok buku karena buku akan dicetak setelah kami mendapat jumlah rekap semua pemesan beserta pelunasan biaya buku dari pre-order yang dibuka di akun media sosial penulis.
2. Pre-order ready stock
Artinya penulis sudah punya stok buku karena sudah melakukan pembelian buku dengan harga diskon khusus penulis sebelum membuka pre-order di akun media sosial penulis. Dalam pre-order ready stock ini penulis juga bisa memberikan bonus agar hasil penjualan bukunya meningkat, misalnya bonus tanda tangan penulis, bonus souvenir, dan lain-lain.

Setelah pre-order 14 hari selesai, buku masih bisa dipesan sampai kapan pun lewat kami dengan sistem print on demand.


J. Berapa lama proses penerbitan beserta proses cetaknya sejak saya mengirim naskah dan bukti transfer sampai saya menerima bukti terbit? 
Pengerjaan proses penerbitan yang meliputi pengajuan ISBN, editing, layouting, dan pembuatan cover paling cepat 2 minggu (tidak ada antrean naskah), dan paling lama 6 minggu (ada antrean naskah). Sedangkan proses cetak antara 7-14 hari. Jadi, lama seluruh proses sejak penulis mengirim naskah hingga penulis menerima buku fisik yang sudah resmi terbit maksimal mencapai 8 minggu.  


K. Saya sudah paham poin-poin di atas, lalu langkah selanjutnya bagaimana untuk menerbitkan naskah saya di Penerbit Hanami? 
Selanjutnya mohon baca menu navigasi Kirim Naskah atau klik di sini. untuk mengetahui poin-poin kelengkapan naskah yang harus dikirim. Silakan transfer biaya penerbitan Rp 400.000 ke rekening BRI 1270-01-004589-53-5 a/n Ratih Mardianingsih. Harap mengirim foto bukti transfer dan naskah lengkap ke email penerbit.hanami@gmail.com. Email penulis akan dibalas maksimal 24 jam. 

 





 



Salam Hangat,
Tim Hanami