Latest Posts

Tanya-Jawab Tentang Hanami

Berikut ini uraian tanya jawab, memuat pertanyaan-pertanyaan penting dan lengkap yang sering penulis ajukan ke kontak Hanami. Mohon dibaca dengan cermat.

 
A. Apakah buku yang diterbitkan Penerbit Hanami dijual di toko buku?
 
Tidak. Kami menjual dan mempromosikan buku hanya lewat media online yaitu marketplace (Shopee dan Bukalapak), website, dan seluruh akun media sosial Penerbit Hanami. 

 
B. Apakah naskah yang masuk akan melewati proses seleksi?
 
Tidak. Semua naskah langsung masuk dalam proses pracetak.


C. Siapa saja yang boleh mengirim naskah?
1.     Penulis buku solo. Penulis sekaligus sebagai koordinator naskah diharap berkomunikasi dengan redaksi sejak mengirim naskah sampai menerima buku fisik.
2.     Penulis buku kolaborasi atau antologi. Koordinator naskah diharap berkomunikasi dengan redaksi sejak mengirim naskah sampai menerima buku fisik.
3.     Komunitas. Perwakilan komunitas sekaligus sebagai koordinator naskah diharap berkomunikasi dengan redaksi sejak mengirim naskah sampai menerima buku fisik.


D. Apa perbedaan Paket Penerbitan 1 dan Paket Penerbitan 2?
1.     Jumlah biaya penerbitan yang dikenakan penulis. Dalam Paket Penerbitan 1, penulis dikenakan biaya sebesar Rp 600.000 untuk bisa mendapatkan fasiltas pracetak. Sedangkan Paket Penerbitan 2, penulis dikenakan biaya sebesar Rp 0 alias gratis untuk bisa mendapatkan fasiltas pracetak.
2.     Syarat pembelian buku oleh penulis untuk kemudian dijual sendiri. Dalam Paket Penerbitan 1, penulis tidak diwajibkan melakukan pembelian buku. Sedangkan dalam Paket Penerbitan 2, penulis diwajibkan melakukan pembelian buku minimal 100 eksemplar sebagai stok pribadi.


E. Jika saya memilih Paket Penerbitan 1, lalu ingin melakukan pembelian buku lagi (di luar bukti terbit) atau dengan kata lain saya menginginkan buku terbit lebih dari 2 eksemplar, itu bagaimana caranya?

1.     Jika penulis ingin melakukan pembelian buku tepat setelah buku terbit secara resmi, maka harap menghubungi e-mail kami (subjek sama dengan e-mail pengiriman naskah, bukan membuat subjek baru) dengan menginfokan jumlah pesanan dan data pengiriman berupa nama penerima paket, alamat lengkap, dan nomor HP aktif. Akan ada balasan total harga buku (khusus penulis). Buku pesanan penulis akan dikirim bersama 2 bukti terbit dan sertifikat penulis. 
2.     Jika penulis ingin melakukan pembelian buku beberapa minggu setelah buku terbit secara resmi, maka harap menghubungi kontak WA 08989051690 atau Line penerbithanami (pakai @) dengan menulis format: Nama Penerima + Alamat lengkap + Nomor HP Aktif + Judul & Jumlah Buku + Keterangan Penulis Buku (agar mendapat harga khusus penulis).
   

F. Jika syaratnya mengirim naskah berserta bukti transfer, artinya penulis melakukan pembayara/transfer terlebih dulu?

Betul.


G. Saya ingin mencetak buku di Penerbit Hanami. Bagaimana caranya?

Kami tidak menerima jasa mencetak buku karena kami bukan percetakan. 

Mungkin yang dimaksud penulis adalah Saya ingin menerbitkan buku di Penerbit Hanami. Bagaimana caranya? Jika benar itu yang dimaksud, maka silakan membaca menu Paket Penerbitan dan Kirim Naskah. 

Banyak penulis yang tidak bisa membedakan antara mencetak dengan menerbitkan buku. Sekilas memang hampir sama, tapi kenyataannya dua hal itu memiliki perbedaan yang sangat jauh. Mencetak, artinya penulis sudah punya naskah siap cetak, tidak perlu lagi melalui proses pracetak (editing, layout, cover). Menerbitkan, artinya naskah penulis masih berupa naskah mentah yang harus melalui proses pracetak (editing, layout, cover).

 
H. Saya sudah punya naskah siap cetak, apakah bisa dicetak, diterbitkan, dan dibuatkan ISBN oleh Penerbit Hanami?
 
Tidak bisa. 


I. Ketentuan jumlah halaman naskah maksimal 150. Bagaimana jika lebih dari 150 halaman?  

Dikenakan tambahan biaya penerbitan/pracetak sebesar Rp 2000 per halaman dihitung mulai halaman ke 151. Contoh, naskah penulis adalah 160 halaman, mengambil Paket Penerbitan 1, maka total biaya yang dikenakan penulis sebesar Rp 620.000.


J. Berapa lama proses penerbitan di Penerbit Hanami?
1.     Khusus naskah novel, lama proses tergantung seberapa cepat penulis menyelesaikan revisi/editing. Proses pracetak selain editing dikerjakan redaksi antara 2-6 minggu. Sedangkan proses cetak antara 7-14 hari. Jadi, total lama proses sejak penulis mengirim naskah sampai menerima buku fisik maksimal 8 minggu.
2.     Khusus naskah selain novel, lama proses pracetak adalah 2-6 minggu. Sedangkan proses cetak antara 7-14 hari. Jadi, total lama proses sejak penulis mengirim naskah sampai menerima buku fisik maksimal 8 minggu.


K. Saya memiliki pertanyaan yang belum tercantum pada tanya-jawab ini, ke mana saya harus bertanya?

Silakan hubungi kontak WA 08989051690 atau Line penerbithanami (pakai @).