Latest Posts

Menerbitkan Novel di Penerbit Indie? Why Not?



Ada yang merasa maju-mundur mau menerbitkan novel ke penerbit indie? Tiba-tiba merasa tidak pede, minder, takut, lalu kepikiran ‘nanti ada yang minat baca dan beli novelku atau tidak’. Atau merasa khawatir dipandang sebelah mata karena novel kamu terbit secara indie, di mana tidak ada proses seleksi, asal mau bayar bisa deh langsung terbit.

Nah daripada galau, baca tips dari Hanami dulu yuk, Kak.


1. Ikuti lomba menulis penerbit indie untuk mengukur skill menulis


 
Kalau merasa BARU bisa menulis, kami sarankan jangan langsung menerbitkan buku di penerbit indie ya. Ikutlah lomba menulis. Kalau kamu pemula, ikutlah lomba menulis cerpen. Kalau berani menantang diri sendiri, ikutlah lomba menulis novel. Jika hasilnya lolos, artinya kamu sudah punya skill, tinggal diasah lagi maka kamu sudah punya cukup modal untuk menerbitkan novel. Jika hasilnya belum lolos, maka coba terus sampai lolos. Pokoknya jangan menyerah, ya.

2. Perbanyak membaca novel orang lain
 
Dari sekian banyak novel yang kamu baca, kamu akan menemukan novel favorit. Amati novel favorit kamu dan analisis hal-hal apa yang membuat novel itu menjadi begitu mengagumkan. Sehingga, kamu punya gambaran novel yang bagus itu seperti apa. Lalu terapkan pada naskah kamu.

3. Mulailah mencari ide menulis novel


Tingkatkan kepekaan terhadap sekitar karena ide bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Catat jika kamu menemukan hal menarik untuk dituangkan dalam novel. 

4. Membuat draft sebagai pedoman menulis novel


Sebenarnya tidak wajib membuat draft, tetapi kamu akan lebih mudah menyelesaikan novel jika kamu membuat draft terlebih dulu. Kalau tidak membuat draft, maka sampai satu tahun pun novel kamu bisa tidak selesai, lho. Waduh gawat! Buatlah draft berupa premis, sinopsis, dan outline. Penjelasan mengenai tiga hal itu bisa dicari sendiri di google, ya.

5. Menulis dengan serius 


Menulislah seolah kamu ingin membaca novel yang bagus. Oleh karena itu, lakukan riset yang mendalam, perhatikan kerapian naskah, sesuaikan dengan pedoman KBBI dan EBI. Percaya deh kalau kamu sudah sering membaca novel orang lain, maka tahap ini akan berjalan lancar. Jadi kalau tidak mau membaca, jangan harap bisa membuat novel yang bagus, ya.

6. Lakukan self-editing


Peraturan utama dalam menulis novel adalah dilarang mengandalkan editor. Editor memang bertugas mengedit naskah, namun bukan berarti kamu bebas menimpakan kesalahan penulisan sepele kepada editor, ya. Percaya atau tidak, editor penerbit mayor sekalipun akan langsung membuang naskah yang tidak rapi, banyak typo, kesalahan tanda baca di mana-mana, dan sebagainya. Kesimpulannya, kalau mau naskah kamu diedit oleh editor secara optimal, maka buatlah editor terkesan dengan naskah kamu. Caranya lakukanlah self-editing.

7. Kirim naskah ke penerbit indie untuk diterbitkan
Dalam tahap ini, silakan aktif berdiskusi dengan penerbit indie. Apakah naskah kamu butuh direvisi? Jika iya, maka kamu harus siap-siap merevisi. Jika tidak, maka silakan menunggu proses penerbitan. Tunggulah dengan sabar, tidak perlu rajin bertanya kapan buku kamu terbit. Jangan ragu juga untuk berdiskusi dengan pihak penerbit kalau kamu punya ide untuk mempromosikan novel kamu nantinya.

Pada akhirnya, penerbit indie hanya bertugas memfasilitasi, ya karena semua tergantung masing-masing penulis? Tentu ingin karya kamu dihargai kan? Tidak ingin dipandang sebelah mata kan? Apalagi karya berupa novel yang mana proses pembuatannya membutuhkan tenaga ekstra, juga mengorbankan banyak waktu.

Silakan share ke teman-teman kamu jika tips ini bermanfaat.






Aku Tidak Gila (buku hasil lomba menulis novelet)


Judul : Aku Tidak Gila
Penulis : Julia Kartika, dkk.

Kategori : Kumpulan Novelet

Tebal : 248 hlmn. 13 x 19 cm
ISBN : 978-602-5729-20-1
Harga : Rp 57.000
----------------------------------------------
Format pemesanan

Nama:
Alamat (lengkap sebutkan jalan/gang/RT/RW/desa/kec/kab/kode pos):
No HP:
Judul & jumlah buku yang dipesan:
Kirim ke 08989051690 (WhatsApp) atau @penerbithanami (Line dg @)
----------------------------------------------
Blurb:


“Zi, ngapain sih ngurusin orang sakit kayak dia? Biarin dia terima takdir kenapa?”

Perkataan murid perempuan itu membuatku sedih. Apa aku seburuk itu? Hingga mereka berbicara tentang takdir yang mengenaskan untukku? Aku tidak boleh terbawa emosi. Aku harus kendalikan diriku.

Aku mendengar suara tamparan. Astaga, Ozi menampar murid perempuan itu. Jangan Ozi! Aku masih tidak tahu harus berbuat apa.

“Kenapa sih kalian jahilin temenku mulu?”

Yang ditampar Ozi tertawa sumbang.

“Ah gue nyerah deh. Mana bisa gue ngelawan anaknya kepsek? Cih! Kalian emang cocok sih,” katanya mengejek.

(Aku Tidak Gila, oleh Julia Kartika)

Penulis:
Julia Kartika, Fatkhiya Rizqy, El Eyra, Emma Shu, Rela Arlita, Ogie Munaya, Bintang Makara, Septi Titanika, Niswahikmah, Indri Yasa Utami



---------------------------------------

Cetakan pertama, Mei 2018

Diterbitkan oleh:
Penerbit Hanami
Tlp. 08989051690
Email: penerbit.hanami@gmail.com

1/2 Hati (Novel)


Judul : 1/2 Hati
Penulis : Didik Santoso

Kategori : Novel

Tebal : 246 hlmn. 13 x 19 cm
ISBN : 978-602-5729-17-1
Harga : Rp 60.000
----------------------------------------------
Format pemesanan

Nama:
Alamat (lengkap sebutkan jalan/gang/RT/RW/desa/kec/kab/kode pos):
No HP:
Judul & jumlah buku yang dipesan:
Kirim ke 08989051690 (WhatsApp) atau @penerbithanami (Line dg @)
----------------------------------------------
Blurb:




Kalau Abang percaya Allah sudah atur jodoh kita, lantas kenapa Abang masih khawatir?” tanya Aini.
“Saya khawatir tidak bisa ikhlas jika ternyata kita tidak berjodoh,” jawab Azziz.

Kesalahan terbesar yang pernah aku lakukan adalah terlalu mencintai makhluk hingga membuatku lupa jika ada Rabb yang lebih mencintaiku daripada cinta yang aku berikan kepada-Nya.
-Intan-

Biasanya orang-orang akan terlena dengan kehidupan di dunia tanpa menyadari kalau hampir setiap detik malaikat maut mengintainya. Padahal kematian sama sekali tak menunggu salihnya seorang hamba. Jika memang sudah waktunya, maka tidak ada satu pun yang bisa menghindarinya.
-Fahri Reza-
---------------------------------------
Cetakan pertama, Mei 2018

Diterbitkan oleh:
Penerbit Hanami
Tlp. 08989051690
Email: penerbit.hanami@gmail.com

Lovey Dovey (Novel)


Judul : Lovey Dovey
Penulis : Marsica Lestari

Kategori : Novel

Tebal : 123 hlmn. 13 x 19 cm
ISBN : 978-602-5729-16-4
Harga : Rp 39.000
----------------------------------------------
Format pemesanan

Nama:
Alamat (lengkap sebutkan jalan/gang/RT/RW/desa/kec/kab/kode pos):
No HP:
Judul & jumlah buku yang dipesan:
Kirim ke 08989051690 (WhatsApp) atau @penerbithanami (Line dg @)
----------------------------------------------
Blurb:




Kenalin, aku Aca. Baru lulus kuliah jurusan hukum, suka banget ngeliat cowok ganteng. Tapi dari dulu nggak pernah kesampean buat pacaran karena aturan orangtua nggak boleh pacaran dulu. Pelupa akut, tapi buat nginget masa lalu aku jagonya. Aku sering mengingat masa lalu yang sangat dramatis, jatuh bangun memulai kehidupan melalui rintangan bahkan hinaan. Meskipun begitu, aku tak pernah menyerah. Karena bagiku itulah yang membuat hidupku berwarna. Layaknya kertas putih yang penuh tinta, kalau nggak ada coretannya nggak akan bagus. Begitupun hidupku, penuh warna indah nan memesona.

Aku memiliki pengalaman cinta yang tidak indah, memimpikan kisah cinta yang sangat romantis. Tetapi, berakhir dramatis. Yahh, di-PHP-in sama gebetan, ditikung sama teman, dan banyak drama lainnya. Namun, berbeda dengan kisah persahabatanku yang sangat menyenangkan. Aku dikelilingi oleh orang- orang baik dan selalu menyemangatiku kala aku terjatuh. Kesendirianku tak mengubah kebiasaanku untuk selalu menjalani hari dengan semangat, apalagi semangat banget mencari pasangan. Akankah perjalanan cintaku berakhir sempurna? Atau bahkan seperti kisah sebelumnya?
---------------------------------------
Cetakan pertama, April 2018

Diterbitkan oleh:
Penerbit Hanami
Tlp. 08989051690
Email: penerbit.hanami@gmail.com

Symphony Rindu Buat Ayah (Novel)


Judul : Symphony Rindu Buat Ayah
Penulis : Esa Maulidya Putri

Kategori : Novel

Tebal : 93 hlmn. 13 x 19 cm
ISBN : 978-602-5729-15-7
Harga : Rp 36.000
----------------------------------------------
Format pemesanan

Nama:
Alamat (lengkap sebutkan jalan/gang/RT/RW/desa/kec/kab/kode pos):
No HP:
Judul & jumlah buku yang dipesan:
Kirim ke 08989051690 (WhatsApp) atau @penerbithanami (Line dg @)
----------------------------------------------
Blurb:




“Aku kembali berjalan menuju tempat penampungan keluarga pasien. Sesampainya di sana aku menangis sejadi-jadinya. Aku terus mengeluarkan air mata. Tak lama kemudian, dadaku sesak. Aku sulit bernapas dan susah berbicara. Mama yang melihatku seperti itu langsung memanggil suster untuk membawa dan mengobatiku. Aku diangkat dan didorong dengan kursi roda, lalu dipindahkan ke ranjang putih yang sama sekali tak ingin kunaiki sejak kecil.”

Buku ini merupakan kisah nyata seseorang yang sedikit diimprovisasikan oleh penulis dan diilustrasikan dengan banyak hal tentang kisah kedekatan seorang anak bernama Ananda Rhena Aqila dan ayahnya yang sama-sama memiliki kebiasaan unik setiap harinya. Namun, Tuhan berkata lain sehingga pada akhirnya Ayah yang sangat Rhena cintai itu harus berjuang keras mempertahankan hidupnya. Rhena sangat sedih dan terpukul. Selain itu, Rhena memiliki sang penulis misterius sejak ia sekolah dasar. Tak pernah ia sangka, surat kaleng yang ia temukan setiap pagi sejak ia masih bersekolah SD ternyata memengaruhi hidupnya.

Lalu bagaimana kisah sebenarnya seorang Rhena Aqila?
---------------------------------------
Cetakan pertama, April 2018

Diterbitkan oleh:
Penerbit Hanami
Tlp. 08989051690
Email: penerbit.hanami@gmail.com

Diam-Diam, Dalam-Dalam (Novel)


Judul : Diam-Diam, Dalam-Dalam
Penulis : Esti Adianti

Kategori : Novel

Tebal : 220 hlmn. 13 x 19 cm
ISBN : 978-602-5729-14-0
Harga : Rp 54.000
----------------------------------------------
Format pemesanan

Nama:
Alamat (lengkap sebutkan jalan/gang/RT/RW/desa/kec/kab/kode pos):
No HP:
Judul & jumlah buku yang dipesan:
Kirim ke 08989051690 (WhatsApp) atau @penerbithanami (Line dg @)
----------------------------------------------
Blurb:




Aku mencintaimu
Kupastikan hingga detik ini
Aku tidak pernah berniat melukaimu
Aku hanya ingin menjagamu

Aku hanyalah insan yang berdoa
Menantikan pelangi setelah hujan
Pelangi yang benar-benar diridai oleh Allah
Bukan hanya pelangi yang datang karena kita sendiri yang membuatnya

Benarkah ada pelangi setelah hujan? Semua orang pasti mengatakan iya. Namun, mereka melupakan sesuatu, bahwa setelah hujan bisa jadi bukan pelangi yang datang tapijustru badai. Jika kau percaya tentang rencana indah Tuhan selalu tepat pada waktunya, kau akan melihat pelangi setelah hujan. Jika pada hujan kali ini kau tak metampaki pelangi itu, mungkin kau bisa bertemu pelangi dengan hujan yang berbeda.

Novel ini menceritakan tentang seorang wanita yang tetap menjaga hatinya untuk orang yang ia sayangi. Ia hanya bisa memeluknya dalam doa hingga sang waktu berpihak kepada mereka.

Berulang kali Bee meyakinkan hatinya bahwa ia harus melupakan orang yang sangat ia harapkan menjadi jodohnya itu. Rasanya ia tidak pantas untuk sekadar berharap kepadanya. Namun, selama bertahun-tahun lamanya, ia akhirnya hanya mencoba untuk memantaskan diri. Barangkali ayat-ayat cinta-Nya bisa menjadi nyata.
---------------------------------------
Cetakan pertama, April 2018

Diterbitkan oleh:
Penerbit Hanami
Tlp. 08989051690
Email: penerbit.hanami@gmail.com